Minggu, 14 Agustus 2016

Cara Memilih Buah Sirsak Kualitas Terbaik



Cara Memilih Buah Sirsak Kualitas Terbaik, Sirsak merupakan buah yang unik, memiliki duri tapi tidak sekeras duri pada durian. Nah sobat sekalian, pada artikel yang sedang anda baca ini berisikancara memilih buah sirsak sangat bermanfaat sekali bagi anda yang menggemari buah-buahan karena akan membantu dalam mendapatkan buah sirsak dengan kualitas terbaik. Semoga artikel cara memilih buah sirsak ini bisa bermanfaat bagi anda semua.

Buah sirsak memiliki rasa yang unik dibilang asam tapi tidak terlalu asam, dibilang manis juga tidak terlalu manis. Tapi kalau mau di sederhanakan, buah sirsak memiliki rasa yang segar dan itu merupakan ciri khasnya. Sangat nikmat dijadikan sebagai makanan penutup. 

Buah sirsak banyak sekali mengandung nutrisi dan vitamin, salah satunya adalah vitamin C. Hal ini tentu sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu serat yang dimilikinya tentu akan sangat bermanfaat sekali bagi pencernaan. Maka tidak salah kalau sebagian besar orang menjadikan buah sirsak sebagai buah favoritnya.



Cara menikmati buah sirsak bisa dilakukan dengan memakan buah sirsak yang sudah matang secara langsung, apa lagi ketika baru dipetik dari pohonnya, tentu akan sangat segar sekali rasanya. Tapi ada juga sebagian orang yang menjadikannya sebagai minuman jus. Apa pun caranya saya yakin buah sirsak tetap akan enak untuk dinikmati.

Cara memilih buah sirsak dengan kualitas terbaik sebenarnya hampir sama dengan cara memilih buah srikaya. Hal ini bisa dilihat dari struktur serat pada buahnya yang hampir sama, warna buahnya, biji buahnya pun hampir mirip, hanya saja biji buah srikaya lebih kecil. Nah jika anda ingin mengetahui cara memilih buah sirsak kualitas terbaik, langsung saja baca tips-tips berikut ini.


Cara Memilih Buah Sirsak Kualitas Terbaik



1. Untuk mendapatkan buah sirsak dengan kualitas terbaik, pilihlah buah sirsak yang bila di pencet terasa lembut, namun bukan berarti lembek. Kalau terlalu lembek itu menandakan sirsaknya sudah lewat matang sedangkan jika masih keras itu menandakan sirsaknya belum matang.

2. Pilih buah sirsak yang duri atau benjolannya tidak terlalu rapat atau jarang. Ini menandakan bahwa sirsaknya telah tua sebab pertumbuhan daging buahnya telah sempurna sehingga mengakibatkan durinya menjadi jarang-jarang. Namun jika durinya masih terlalu rapat itu menandakan bahwa buahnya masih muda. Jika dipetik kemudian disimpan maka buahnya tetap tidak akan menjadi matang, bahkan akan membusuk.

3. Pilihlah buah sirsak yang berbau harum. Buah sirsak yang matang akan mengeluarkan bau harum khas sirsak. Dengan begini anda akan mendapatkan buah sirsak terbaik dengan tingkat kematangan sempurna.

4. Tanda lain yang mengindikasikan bahwa buah sirsak telah tua adalah di bagian area dekat tangkai buah biasanya ada bintik-bintik hitam 

5. Pilih buah sirsak yang kulitnya masih hijau, jangan memilih yang berwarna kehitaman. Karena itu menandakan buah sirsaknya telah lewat matang apa lagi kalau dibarengi dengan daging buah yang terlalu lembek. Bisa-bisa buah sirsaknya sudah hampir busuk. 

6. Jangan memilih buah sirsak yang memiliki luka, memar ataupun lubang di bagian kulitnya. Hal ini akan membuat buah sirsak cepat membusuk.

7. Jika anda memanen buah sirsak tua namun dalam keadaan daging buah masih keras, anda bisa mematangkannya dengan cara memeramnya. Cukup letakkan di suhu ruangan kira-kira sehari kemudian periksa kelembutan daging buahnya, jika dirasa kurang waktu pemeraman bisa ditambah. Agar pemeraman lebih cepat anda bisa meletakkannya di dalam beras, namun jangan sampai terlupakan, sebab jika sirsaknya membusuk dapat menyebabkan beras menjadi rusak.

0 komentar:

Posting Komentar