Jumat, 12 Agustus 2016

Cara Membuat Takoyaki

Cara Membuat Takoyaki

dengan Bahan Lokal

Anda pernah dengan istilah Takoyaki? Bagi anda para penggemar makanan apalagi agen takoyaki, tentu ini bukan istilah asing lagi. Bahkan mungkin bagi sebagian diantara anda ada yang pernah atau sering membuat makanan khas asal Jepang tersebut. Ya, Takoyaki memang merupakan salah satu makanan yang berasal dari Jepang tepatnya dari Kansai, Osaka. Hal menarik adalah bahwa ternyata makanan tersebut tidak hanya populer di negaranya saja namun juga dikenal di banyak negara di dunia. Cemilan yang berbentuk seperti bola – bola pingpong kecil itu banyak juga di jual di banyak negara termasuk di Indonesia.
Nah, karena memang cukup populer di dunia, maka banyak juga restoran dan tempat makanan yang menjual makanan tersebut. Ada sebagian yang hanya berkunjung ke resto itu untuk bisa mencicipi takoyaki tersebut, namun ada juga sebagian orang yang berusaha belajar cara membuatnya. Bagi anda yang juga tertarik untuk belajar membuatnya, anda tak perlu khawatir karena memang bukan hal yang sulit. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah bahkan tidak harus menggunakan adonan takoyaki asli dari Jepang karena bahan-bahan lokal-pun bisa anda gunakan. Nah, jika anda ingin belajar, maka anda harus tahu bagaimana cara membuat adonan tersebut.

Mulai dari Persiapan Bahan

Kalau biasanya takoyaki asli harus menggunakan bahan-bahan asli dari Jepang, nah kita juga sebetulnya masih bisa menggunakan bahan lokal. Ada banyak bahan lokal yang bisa dipilih sebagai bahan pengganti. Anda bisa mengganti tepung takoyaki khusus dengan campuran tepung terigu dan juga tepung tapioka. 

Berikut rincian bahan:
·         200 gram tepung terigu
·         50 gram tepung tapioka
·         2 butir telur
·         Irisan cupi, udang atau ikan tuna
·         Potongan kecil keju
·         Potongan wortel
Bahan-bahan tersebut adalah bahan standar yang bisa anda gunakan. Jika anda ingin menambahkan sesuatu yang mungkin akan membuat citarasa takoyaki menjadi lebih enak dan nikmat, anda bisa mencobanya. Bahkan mungkin anda bisa mencoba untuk melakukan eksperimen dengan kreasi-kreasi kreatif anda.

Campurlah Sehingga Menjadi Adonan

Setelah bahan terkumpul, maka anda bisa langsung mencampur bahan-bahan tersebut sehingga siap untuk dimasak. Dalam prosesnya, memang ada beberapa tahapan yang sebaiknya anda ketahui dan perhatikan dengan baik untuk mendapatkan hasil yang pas.
·         Persiapkan wadah bersih dan cukup untuk mengaduk adonan,
·         Mulai dari mengocok telur sampai mengembang;
·         Campurkan tepung, lalu aduk sedikit-sedikitl
·         Tambahkan sedikit air dan aduk sampai halus;
·         Masukan dalam cetakan,
·         Isi campuran cumi, wortel dan keju,
·         Panggang dengan api kecil

Nah, itulah proses yang bisa anda jalankan dan ikuti pada saat anda akan membuat takoyaki. Hal yang terpenting adalah anda melakukannya dengan tepat. Jika anda masih pertama kali, jangan takut mencoba. Eksperimen bisa membantu anda menghasilkan takoyaki yang lebih enak lagi meski hanya dengan adonan takoyaki mudah.

0 komentar:

Posting Komentar