Jumat, 12 Agustus 2016

Cara Membuat Katsuobushi


Jikat kita melihat negara Jepang saat ini tentu kita pun sadar bahwa orang Jepang memang maju karena kerajinan, keuletan dan juga kecerdasannya. Tapi jika dilihat pada makanan yang dikonsumsi sehari-hari, bahwa mereka mengkonsumsi makanan yang menyehatkan dan sebagian besar adalah jenis ikan. Seperti halnya katsoubushi yang dibuat dari jenis ikan cakalang dan dioleh menjadi sebuah pelengkap makanan tidak hanya memiliki rasa yang nikmat tapi juga mengandung vitamin bagi tubuh.

Katsuobushi ini merupakan pelengkap setiap masakan dan juga bisa menjadi teman nasi atau makanan lainnya. Katsuabushi ini terbuat dari bahan baku ikan cakalang atau katsuo yang kemudian diawetkan dan diproduksi menjadi sebuah makanan awetan yang nikmat. Bentuk dari katsuo ini kemudian diserut nampak seperti serutan kayu yang tipis dan bisa ditaburkan diatas makanan apapun. Katsuobushi yang telah diserut ini berwarna merah muda atau coklat muda dan nampak bening.
Katsuobushi ini bisa ditaburkan diatas berbagai makanan seperti takoyaki dan okonomiyaki, adapun juga untuk hiyayako atau tahu dingin dan juga untuk makanan berkuah lainnya.
Ikan cakalang dibelah terlebih dahulu menjadi dua sehingga bagian tulang pun dibuang. Selanjutnya daging ikan tersebut diproses hingga disebut katsuobushi. Ikan tersebut terlebih dahulu direbus dan kemudian dikeringkan. Setelah kering maka ikan masuk pada proses pengasapan atau pengapangan yang berguna untuk memunculkan berbagai jenis kapang di atas permukaan ikan. Hingga selanjutnya ikan ini pun menjadi keras.

Katsuobushi ini dibuat dari ikan cakalang yang telah diproses menjadi keras. Sehingga tidak aneh pula jika ikan cakalang ini disebut dengan ikan kayu karena sangat keras bagaikan kayu. Bahkan setelah keras ikan ini pun diserut dengan menggunakan alat ketam sama halnya dengan kayu. Sehingga katsuobushi nampak menjadi seperti irisan kayu.
Apa kandungan katsuobushi?
Ikan katsuo ini ternyata mengandung vitamin B kompleks yang sangat berguna bagi tubuh. Tidak hanya itu, katsuobushi juga mengandung inosine dan unsur umami sehingga tidak salah jika katsuo ini terasa sangat nikmat dan lezat di lidah. Karena umami yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur di Jepang ini memiliki empat rasa utama seperti manis, asin, asam dan juga pahir, sehingga terasa enak di lidah.
Katsuobushi yang telah masuk pada pengapangan disebut sebagai karebushi dan tentunya ikan ini memiliki lebih banyak unsur umami dan juga kaya akan vitamin B.

0 komentar:

Posting Komentar